Cold Room atau Cold Storage merupakan ruang penyimpanan dingin yang sudah dimanfaatkan oleh banyak pelaku industri. Baik industri skala besar, maupun skala kecil dan menengah. Cold Room atau Cold Storage juga merupakan salah satu bentuk investasi karena perbuatannya sendiri memakan biaya yang tidak murah. Untuk itu, penting untuk mengetahui bentuk-bentuk perawatan dan pemeliharaan Cold Room atau Cold Storage. Sebagai upaya agar Cold Room atau Cold Storage awet dan tahan lama.

 

Pintu dan Aksesoris

Cek dan pastikan pintu Cold Room atau Cold Storage menutup dengan rapat sempurna. Pintu yang tidak tertutup rapat dapat menyebabkan udara panas masuk ke dalam Cold Storage atau Cold Room. Kemudian menyebabkan kondensasi, udara yang berubah menjadi es. Pastikan juga untuk rutin melakukan pengecekan fungsi heater pada pintu.  Aksesoris lain yang juga perlu Anda pantau kinerjanya adalah fungsi pressure ventilator dan lampu.

 

Perawatan Mesin

Rutin untuk menjaga kebersihan mesin. Anda dapat membersihkan unit kondensor dari debu yang menempel menggunakan kuas. Begitu juga dengan unti evaporator. Jika di unit evaporator banyak bunga es, cairkan dengan mematikan mesin dan biarkan cair dengan sendirinya.  Menghilangkan es dengan memukul atau mencongkelnya dengan benda tajam dapat merusak unit evaporator.

Unit kondensor dan evaporator berpengaruh besar dalam proses pendinginan. Jika kondensor atau evaporator kotor maka proses pendinginan berjalan lambat dan pemakaian listrik semakin besar. Juga berpotensi mengakibatkan kerusakan pada komponen lain.

 

Suhu di Cold Room atau Cold Storage

Pastikan suhu di Cold Room atau Cold Storage bekerja dengan baik. Anda dapat melakukan pengecekan temperatur secara rutin dan dicatat pada kartu temperatur masing – masing Cold Room atau Cold Storage. Anda juga dapat menandai kapan waktu defrost, agar tidak panik saat memantau temperatur. Pengecekan suhu atau temperatur sangat berguna untuk menghindari fluktuasi atau error yang dapat menyebabkan rusaknya produk yang disimpan.

 

Bersihkan Cold Room atau Cold Storage

Jaga selalu kebersihan Cold Room atau Cold Storage. Acap kali Cold Room atau Cold Storage kotor akibat masih adanya darah dari daging atau ikan. Ada kalanya pula produk yang disimpan membawa debu. Selalu bersihkan lantai, dinding, jika perlu plafon atau bagian atas Cold Room. Harap pula proses pembersihan dan zat pembersih yang digunakan disesuaikan dengan material permukaan Cold Room atau Cold Storage.

 

Penyimpanan Produk

Penyimpanan atau penempatan produk juga perlu Anda perhatikan. Sebaiknya gunakan rak untuk menyimpan produk. Usahakan pula untuk tidak menumpuk produk dalam kemasan lebih dari dua tumpuk. Hal ini akan membuat udara bersirkulasi dengan baik, dan produk yang berada di tengah tetap mendapat udara dingin. Batas tinggi penempatan produk pada rak juga tidak boleh lebih tinggi dari posisi evaporator.

 

Bekerja di Cold Room atau Cold Storage

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah saat bekerja di Cold Room atau Cold Storage. Jaket, penutup telinga, dan sarung tangan merupakan peralatan standar untuk pekerja yang masuk ke Cold Room atau Cold Storage. Atur pula jumlah frekuensi bongkar muat per hari. Sebisa mungkin direncanakan sesedikit mungkin, agar perubahan temperatur tidak terlalu sering.

 

Baca juga :