Cold Room merupakan ruang pendingin yang banyak dimanfaatkan pelaku industri. Ada cold room berskala besar atau disebut juga Cold Storage untuk menampung lebih banyak barang. Ada pula Cold Room untuk kebutuhan daya tampung lebih sedikit. Seiring berkembangnya permintaan pasar, Anda juga dapat menemukan Mobile Cold Room. Yaitu Cold Room dengan kelebihan mudah dibawa kemana-mana.

Apa itu Cold Room?

Cold Room merupakan ruang penyimpanan dingin untuk menjaga kualitas berbagai produk agar lebih tahan lama. Di tempat kami, Cold Room merupakan ruang penyimpanan dari panel polyurethane dengan suhu yang dijaga khusus. Dengan bahan dasar Polyurethane, Cold Room  terisolasi dengan sempurna, efisien dalam menjaga suhu dan hemat energi. Polyurethane insulated panel mengikat suhu dengan optimal untuk meningkatkan kesegaran ruangan.

Penggunaan Cold Room

Cold Room digunakan untuk berbagai sektor industri, di antaranya food & beverage, seafood, peternakan, farmasi, kesehatan, logistik, dan pergudangan. Fungsi dari Cold Room adalah untuk menjaga kualitas bahan makanan, minuman, dan berbagai produk lainnya. Untuk itu, Cold Room dibutuhkan baik oleh pelaku bisnis distribusi, restoran, farmasi, hotel, catering, bakery, UMKM, hingga penyelenggara acara. Cold Room dapat digunakan untuk menyimpan bahan makanan mentah seperti ikan, daging, buah, dan sayuran. Bisa pula menyimpan bahan lain seperti frozen food dan obat-obatan.

Freezer dan Chiller Room

Cold Room memiliki rentang suhu yang berbeda yang kemudian dikategorikan menjadi freezer room dan chiller room. Rentang suhu untuk freezer room berkisar dari 0°C s/d -40°C. Sedangkan untuk chiller room berkisar antara 5°C – 15°C.

Freezer Room

Apa yang terlintas dipikiran Anda saat mendengar freezer room?

Freezer room merupakan ruangan yang dikondisikan sedemikian rupa agar mencapai titik beku tertentu.Freezer room dapat mencapai titik atau suhu hingga -40C°. Terbayangkan dinginnya sama seperti freezer lemari es, namun berbentuk ruangan besar. Ada pula yang disebut Blast freezer. Blast Freezer Room berfungsi untuk proses pembekuan cepat sebelum produk disimpan di freezer room. Misalnya produk ikan yang perlu disimpan dalam kondisi beku. Dibekukan terlebih dulu di Blast Freezer untuk kemudian disimpan di freezer room.

Produk apa saja yang kira-kira menggunakan freezer room?

Tentu berbagai produk yang rentan terhadap kerusakan bila tidak disimpan di ruang beku. Seperti ikan, daging ayam atau sapi, frozen food, adonan bakery, dan produk lainnya.

Chiller Room

Di sisi lain, Chiller Room digunakan untuk menyimpan berbagai produk agar tetap dingin, sehingga dalam kualitas baik selama penyimpanan. Berbeda dengan Freezer Room, pada suhu Chiller Room produk dijaga agar tidak sampai beku. Produk yang menggunakan Chiller Room antara lain sayuran, buah-buahan, umbi-umbian, premium beef. Juga untuk menyimpan produk olahan susu, adonan kue, dan lain-lain.

Selain chiller room ada juga blast chiller. Blast chiller digunakan untuk menurunkan suhu masakan atau bahan makanan dengan cepat. Blast chiller memiliki kelebihan menjaga rasa dari makanan, juga tidak merubah warna serta aroma. Blast chiller dapat mengawetkan produk tanpa harus kehilangan cita rasanya. Chiller dan blast chiller umumnya digunakan pada restoran, bakery dan catering. Akan tetapi sering juga digunakan untuk penyimpanan skala industri.

Cold Room dari ACR Panel

Cold room yang ACR Panel produksi sudah food grade material. Artinya tidak hanya dapat mendinginkan produk namun juga menjadikan produk lebih awet, terhindar dari jamur, bakteri, dan bahan berbahaya lainnya sehingga produk aman untuk dikonsumsi. Kelebihan lainnya terletak pada penggunaan sandwich panel atau insulated panel dari bahan polyurethane. Polyurethane atau PUR bersifat fire retardant. Ketika terkena api, bahan PUR akan membuat api padam.

Baca juga: