Polyurethane atau PUR terbentuk dari reaksi polyol (alkohol dengan dua zat reaktif hydroxyl per molekul) dengan diisocyanate atau polymeric isocyanate. Ada lima jenis Polyurethane yang banyak digunakan di kehidupan masyarakat saat ini.

Flexible Polyurethane Foam
Flexible Polyurethane Foam digunakan dalam berbagai produk komersil. Seperti tempat tidur, furnitur, interior otomotif, lapisan karpet, juga pengemasan. Flexible Polyurethane Foam dapat dibuat dalam berbagai variasi bentuk dan kekencangan. Polyurethane jenis ini ringan, tahan lama, dan mudah diaplikasikan.

Rigit Polyurethane Foam
Rigit Polyurethane Foam merupakan insulasi paling populer di dunia, hemat energi, dan serba guna. Rigit Polyurethane Foam dapat secara signifikan memotong biaya energi sekaligus membuat properti komersial dan perumahan lebih efisien dan nyaman. Karena keunggulannya, Rigit Polyurethane Foam digunakan sebagai bahan material utama untuk dinding, atap, dan lantai walk-in freezer, walk in chiller, dan clean room.

Coatings, Adhesives, Sealants and Elastomers (CASE)
Penggunaan polyurethane dalam pasar pelapis, perekat, sealant, dan elastomer menawarkan spektrum aplikasi dan manfaat yang luas dan terus berkembang. Lapisan polyurethane dapat meningkatkan penampilan produk dan memperpanjang masa pakainya. Perekat polyurethane dapat memberikan keuntungan ikatan yang kuat, sementara sealant polyurethane memberikan seal yang lebih rapat. Elastomer polyurethane dapat dibentuk menjadi hampir semua bentuk dan lebih ringan dari logam. Polyurethane dalam produk CASE lebih unggul dan tahan terhadap banyak faktor lingkungan.

Thermoplastic Polyurethane (TPU)
Termoplastik Polyurethane (TPU) sangat elastis, fleksibel, tahan terhadap abrasi, benturan, dan cuaca. TPU dapat diwarnai atau dibuat dalam berbagai metode dan penggunaannya dapat meningkatkan daya tahan keseluruhan produk. TPU adalah elastomer yang sepenuhnya termoplastik. Seperti semua elastomer termoplastik, TPU bersifat elastis. TPU dapat dijumpai di produk otomotif dan alas kaki.

Reaction Injection Molding (RIM)
Bumper mobil, panel listrik perumahan, dan peralatan telekomunikasi adalah beberapa produk yang diproduksi dengan menggunakan Polyurethane sistem RIM. RIM Polyurethane lebih fleksibel untuk menghasilkan bagian-bagian yang tidak dapat dicapai dengan proses cetakan injeksi biasa. Selain itu, RIM Polyurethane lebih ringan, tahan panas, dan memiliki sifat dinamis tingkat tinggi. RIM Polyurethane dapat ditemui juga dalam produk otomotif, konstruksi, furnitur, bahkan produk olahraga.

Baca juga: Polyurethane dan Manfaatnya pada Pelestarian Lingkungan

Selain untuk berbagai produk di atas, Polyurethane juga digunakan untuk produk-produk lain. Di antaranya untuk pakaian, bangunan rumah, dan konstruksi. Ketika para ilmuwan menemukan bahwa Polyurethane dapat dibuat menjadi benang halus, mereka menggabungkan dengan nilon untuk membuat pakaian yang lebih ringan dan elastis. Kemudian Polyurethane dikembangkan menjadi serat spandex.

Hunian dan bangunan modern saat ini menuntut bahan berkinerja tinggi yang kuat, namun tetap ringan; berkinerja baik, namun mudah dipasang; tahan lama, tetapi juga serbaguna. Polyurethane menjawab semua kebutuhan tersebut.

Sumber :
polyurethane.americanchemistry.com